Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Friday, January 4, 2013

Tips merawat ikan Guppy untuk sobat ikan mania

Gimana sobat ikan mania, berikut saya ingin menampilakan informasi tips mengenai merawat ikan guppy. Silahkan disimak

Mempersiapkan Akuarium

Untuk akuarium disesuaikan ya dengan kesenangan sobat ikan mania dan sesuaikan dengan uang-uang masing, berikut patokan akuarium ikan guppy.
Sebagai patokan,jika anda memeilihara ikan ini tanpa dicampur dengan ikan lainnya akuarium berukuran 40 x 40 x 60 cm untuk sekitar 50 ekor. Tetapi jika anda memelihara ikan ini dengan dicampur dengan ikan lainnya, ukuran akuarium yang digunakan harus lebih besar, misalnya 100 x 40 x 60 cm. Sarana penunjang akuarium seperti filter dan lampu flourscene harus tersedia.  Anda bisa menggunakan dekorasi biotik yaitu menggunakan makhluk hidup seperti tanaman air atau dekorasi abiotik yaitu menggunakan benda-benda mati, seperti pasir, batu, kerikil kecil, karang, patung, kincir air, tanaman imitasi serta yang lainnya

Memperhatikan Kualitas Air

Ketika memelihara ikan ini anda harus perhatikan kualitas air akuarium. Guppy akan hidup dengan baik pada air bersuhu 25-28° C dengan pH 7-8. Dengan kondisi seperti ini maka guppy sangat nafsu makan dan pertumbuhan ekornya akan maksimal. Di bawah angka itu pertumbuhan guppy akan berbanding terbalik, yaitu lambat tumbuh dan bukaan ekornya tidak sempurna. Selain itu guppy akan mati jika pH akuarium sangat asam (<5) atau sangat basa (>9).

Memberi Pakan

Jika anda memelihara ikan ini, anda bisa memberi pakan alami dan pakan buatan agar pertumbuhan berjalan dengan baik dilakukan dua kali sehari, pakan yang diberikan sebesar 5% dari berat tubuh guppy atass sampai  guppy tidak mau memakan lagi pakan yang diberikan. Pakan alami yang diberikan untuk guppy sama dengan pakan yang diberikan untuk cupang hias, yaitu cuk (jentik nyamuk), kutu air, cacing sutra, dan cacing darah. Sementara itu, pakan buatan yang bisa diberikan adalah pelet halus (sesuai bukaan mulut ikan) khusus guppy yang bisa diperoleh di toko ikan hias.

Silahkan baca artikel penting lainnya DISINI

1 comments:

Unknown said...

makasih atas informasinya , tambah pengetahuan. semoga dengan bagi-bagi ilmu kita semua menjadi orang yang berguna...

Post a Comment